CeritaFaktakkn
Trending

Memuliakan Sampah, Menyapa Semesta

Salah satu masalah terbesar yang ada di Desa Tanggungharjo, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan adalah sampah. Sampah dapat terlihat di lingkungan sekitar desa dan yang paling banyak berada di belakang Pasar Tanggungharjo.

Menurut Suyono, Kepala Desa Tanggungharjo, sampah itu akhirnya menjadi persoalan yang sulit diatasi. Baik oleh masyarakat maupun lembaga negara.

“Kami masih belum bisa mengatasi jumlah sampah yang semakin bertambah setiap harinya” kata Pak Suyono selaku Kepala Desa Tanggungharjo.

Keluhan itu sempat muncul dan disampaikan kepada semua anggota mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Semarang yang sedang melaksanakan KKN di Desa Tanggungharjo.

Mahasiswa KKN Undip kemudian memanfaatkan sampah sebagai bahan untuk dijadikan Pupuk Organik NPK Cair atas salah satu usul anggota timnya.

“Kami menoba memanfaatkan sampah organik yaitu sampah sayuran dan buah-buahan untuk dijadikan pupuk yang diharapkan dapat mengurangi sampah dan pupuknya bisa bermanfaat untuk tanaman-tanaman,” kata Kamila, salah satu anggota tim KKN Undip.

Koordinator KKN Desa Tanggungharjo, Raka Sindu Wardoyo, menyebut program itu penting dan tepat untuk kelompok tani karena sudah mengetahui bab bab mengenai pertanian dan kebetulan di Desa Tanggungharjo kebanyakan warganya bekerja sebagai petani.

Untuk membuat alatnya cukup mudah dan mencari alatnya juga cukup mudah. Alat yang dibutuhkan seperti toples, pipa paralon, jaring kawat, keran, dan lem keran.

“Para petani akan tertarik dengan program ini, karena bahan yang dicari tidak sulit, dan alat-alat yang digunakan juga tidak sulit untuk ditemukan dan dibuat,” kata Raka.

Rangkaian kegiatan dilakukan dengan diawali dengan penyuluhan tentang efek sampah terhadap lingkungan, dilanjut dengan penjelasan mengenai pupuk organik cair, lalu mengajak kelompok tani untuk bersama-sama membuat alat serta membuat pupuknya, dan terakhir adalah memberikan materi bagaimana cara menjual produknya atau pupuknya.

Pupuk yang dihasilkan diharapkan bisa menjadi sebuah produk yang bernilai dan memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat khususnya pada Petani di Desa Tanggungharjo, serta dapat memberikan dampak penyelesaian terhadap masalah sampah. (Raka-KKN Undip)

Ngaten
0
Muach
0
Telo
0
Kakekane
0
Tenane
0
Hajinguk
0
Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close