Faktakuliner sem(b)arang

Rica-Rica Lele Ala Kadar(nya)

Mengolah makanan, jajanan atau lauk pauk sangat butuh sentuhan. Dimana sentuhan itu sendiri bagian dari seni.

Sesederhana apapun hasil olahan, selalu butuh seni. Rasa, bentuk, pun cara sajinya.

Mari bicara tentang rasa. Konon ketika seseorang memasak, suasana hatinya bisa diketahui saat masakan itu sudah jadi. Begini…misalnya orang itu saat masak hatinya sedang gundah, galau, sedih, jengkel maka hasil olahannya nggak bakalan nikmat.

Bisa saja kurang asin atau keasinan. Bisa pula terlalu manis, hambar dan sederet kalimat yang mampu mendeskripsikan yg tak enak itu. Belum lagi bentuknya tak menarik untuk dinikmati.

Misalnya seharusnya warnanya merah merekah eh tiba-tiba jadi pucat pasi. Kemudian penyajiannyapun tak menggugah selera makan. Rasa, tampilan bentuk dan cara saji harus satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Peran seni diperlukan untuk mengundang minat.

Nah, mari kita mencoba menyatukan unsur rasa, bentuk dan cara saji. Saya memang bukan chef sekelas chef Rudy yang tiap sabtu menayangkan cara memasak nikmat.

Tapi percayalah masakan saya jauh lebih nikmat dan memikat terutama bagi suami dan anak-anak.

Untuk Rica-Rica Lele Ala Kadar(nya), kita bisa mulai siapkan.

Bahan :

1/2kg lele

4 siung bawang merah

4 siung bawang putih

10 bh cabe kriting

10 bh rawit merah

1 ruas jahe

2 ruas kunyit

1 ruas laos

1 sdt mrica bulat

5 lbr daun jeruk

3 lbr daun salam

Garam, gula jawa, kaldu bubuk, minyak goreng.

Cara Pembuatan:

Bersihkan lele dan langsung dikucuri air jeruk nipis. Diamkan sejenak lalu bilas dengan air bersih. Lele digoreng, sebaiknya jangan terlalu kering.

Haluskan semua bumbu kecuali laos, daun jeruk, daun salam, dan sereh. Kemudian tumis bumbu halus, masukkan laos, daun jeruk, daun salam dan sereh serta gula jawa.

Aduk rata dan tuangi air. Masukkan garam, kaldu bubuk dan terakhir lele lele yang sudah digoreng. Tutup sampe kuah mendidih dan hanya sisakan sedikit saja. Nyemek-nyemek gitu.

Untuk menyempurnakan, sajikan dengan peralatan bersih, hati bersih dan suasana yang gembira. Mudah kan? Coba deh. [][][]

randri lanthang – ibu rumah tangga yang gemar memasak dan berpuisi

Ngaten
0
Muach
0
Telo
0
Kakekane
0
Tenane
0
Hajinguk
0
Tags
Show More
Back to top button
Close